PENGANTAR
Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
Alhamdulillah, segala
puji bagi Allah SWT, Robb Semesta Alam, Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap
tercurahkan atas Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang
istiqamah dalam upaya mewujudkan
anak-anak cerdas dan berakhlak mulia menjadi impian kuat bagi setiap lembaga
pendidikan. Cerdas saja belum cukup. Anak-anak harus punya keyakinan kuat yang
mereka pegangi agar bisa tegak kepalanya, mantap langkahnya, jelas tujuannya
dan ada alasan yang kuat untuk bertindak dan bekerja keras.
Sekolah Dasar Islam
Terpadu (SDIT) Salsabila Klaseman berkeinginan kuat mewujudkan hal itu dengan
menyiapkan seperangkat kurikulum dan tenaga pendidik yang secara terus menerus
diasah visi perjuangannya dalam menegakkan kalimat Laa ilaha illallah. Sekolah
Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Klaseman berdiri tahun 2004, berafiliasi
ke Dinas Pendidikan dengan ijin operasional No. 102040213999 dan dengan SK Pendirian Sekolah Dasar Swasta No
434/KPTS/2011. Sekolah yang terletak di Klaseman Sinduharjo
Ngaglik Sleman dikelola oleh LPI Salsabila, Yayasan SPA Yogyakarta. Sekolah Dasar Islam Terpadu ini dikelola
dengan waktu pendidikan fullday dan
kurikulum integrated. Keinginan mewujudkan anak-anak yang cerdas dan berakhlak
mulia merupakan visi utama berdirinya SDIT Salsabila Klaseman.
Buku panduan
pendaftaran siswa baru ini terwujud dimaksudkan
sebagai arahan dari panitia agar semua calon wali siswa mengetahui prosedur dan
langkah-langkah dalam mendaftarkan putra-putrinya sebagai siswa di SDIT
Salsabila Klaseman. Semoga buku
yang kecil ini bermanfaat bagi orang tua calon siswa- siswi SDIT Salsabila
Klaseman dan kita semua yang mau memahaminya.
Amin .
Wassalamu’ alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Sleman, 8 Desember 2011
Panitia PPDB
SDIT Salsabila Klaseman
PENERIMAAN
SISWA BARU
A. Layanan Informasi Pendaftaran :
Sekretariat Panitia Penerimaan
Siswa Baru SDIT Salsabila Klaseman : Alamat Jl. Pamularsih Rt 06 Rw 38 Klaseman
Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Telp (0274) 4462882.Cp. Muh. Mohtadin: 08170434606, M. Zaelani: 08170403604
B. Waktu Pendaftaran
:
Pendaftaran dilaksanakan selama jam
kerja Pukul 08.00 – 14.00 WIB.
C. Gelombang Pendaftaran
:
-
Gelombang I : 20 Januari s.d. 24 Maret 2012
-
Gelombang II : 26 Maret
s.d. 28 April 2012
-
Gelombang III : 1
Mei s.d. 23 Juni 2012
Waktu
penitipan calon siswa baru sewaktu-waktu di tutup jika kuota yang tersedia
telah terpenuhi.
D. Syarat-syarat Pendaftaran :
1.
Membayar biaya pendaftaran sebesar
Rp 100.000,-
2.
Mengisi formuir pendaftaran.
3.
Menyerahkan foto copy akte kelahiran 1
lembar.
4.
Menyerahkan surat keterangan/ foto copy ijazah TK 1 lembar.
5.
Menyerahkan pas foto 3 x 4 sebanyak 4
lembar dengan background warna merah.
6.
Menyerahkan rapor dan surat keterangan
pindah sekolah (bagi siswa pindahan).
7.
Memenuhi usia minimum 6 tahun (per 1
Juli 2012).
E. Proses Pengambilan dan Pengembalian
Formulir :
1.
Pendafatar (orang tua/wali calon siswa)
datang langsung ke Sekretariat PPDB.
2.
Pendaftar membayar biaya pendaftaran.
3. Pendaftar dicatat identitasnya pada form
data pembelian formulir, selanjutnya dibuatkan kuitansi pembayaran formulir.
(Bila memerlukan informasi selengkapnya
harap
menghubungi bagian informasi):
a. Pendaftar mendapat satu berkas
pendaftaran yang terdiri dari kuitansi, map, form isian data calon siswa dan
orang tua, panduan
pendaftaran, cd profil sekolah, stiker, tanda terima berkas dan undangan
observasi/tes.
b. Pendaftar mengembalikan formulir yang sudah
diisi lengkap, serta melampirkan persyaratan yang telah ditentukan ke bagian
pendaftaran (apabila memerlukan bantuan dalam mengisi, pendaftaran dapat meminta bantuan kepada
petugas/panitia).
F. Proses dan Materi Observasi/Tes
1.
Pendaftar mendapat undangan/jadwal observasi/tes pada saat pendaftaran.
2.
Materi observasi:
a.
Observasi Psikologi, merupakan usaha
untuk mengetahui:
-
Perkembangan mental anak
-
Akhlak dan keperibadian
-
Kemampuan sosialisasi
-
Kemandirian
-
Tingkat kecerdasan
-
Pola interaksi anak dalam keluarga
-
Motivasi dan kesiapan belajar
b.
Test membaca iqro, menulis arab dan
hafalan surat-surat pendek.
c.
Tes Ibadah (untuk calon siswa SD
pindahan bukan kelas 1)
-
Sholat dan wirid sholat
-
Doa-doa harian
-
Membaca iqro/Al Quran
-
Menulis Arab
-
Hafalan surat-surat pendek
3.
Apabila pada pelaksanaan observasi
psikologi calon siswa tidak dapat hadir atau ada hal lain yang mengakibatkan
kurang sempurnanya penilaian maka akan diberi kesempatan mengulang observasi
pada kesempatan lain yang disepakati.
4. Observasi untuk orang tua dilaksanakan
pada saat observasi siswa berlangsung. Observasi orang tua untuk mendapatkan
informasi tentang cara orang tua mendidik anak di rumah, perilaku anak, kemandirian, lingkungan keluarga, dan kesanggupan pembiayaan administrasi sekolah.
G. Pelaksanaan Seleksi :
-
Gelombang I : Sabtu, 24
Maret 2012
-
Gelombang II : Sabtu, 28 April 2012
-
Gelombang III : Sabtu,
23 Juni 2012
H. Pengumuman Hasil Seleksi :
Hasil
observasi/tes diumumkan secara tertulis kepada orang tua/wali, via sms dan dapat pula dilihat di papan
pengumuman sekolah pada hari yang telah ditentukan.
Jadwal Pengumuman Hasil Observasi:
-
Gelombang I : Senin, 26
Maret 2012
-
Gelombang II : Senin, 30
April 2012
-
Gelombang III : Senin, 25 Juni 2012
I.
Daftar
Ulang
1.
Bagi siswa baru yang sudah dinyatakan
diterima wajib mendaftar ulang, selambat-lambatnya 14 hari (H+14) sesudah
pengumuman, kecuali gelombang
III hanya 5 hari.
2.
Daftar ulang dilaksanakan di Sekretariat
Penerimaan Siswa Baru SDIT Salsabila Klaseman Jl. Pamularsih RT 06 RW 38
Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman.(0274) 4462882.
3.
Jadwal daftar ulang :
-
Gelombang I : 27
Maret s.d. 16 April 2012
-
Gelombang II : 30 April s.d. 11 Mei 2012
-
Gelombang III : 25 s.d. 29
Juni 2012
4.
Persyaratan daftar ulang :
a.
Melengkapi persyaratan administrasi :
1)
Setiap orang tua/wali calon siswa baru
telah menandatangani surat pernyataan kesediaan membayar biaya sekolah (Infaq
gedung dan uang sekolah).
2) Setiap orang tua/wali calon siswa baru
harus menandatangani pernyataan kesediaan menaati peraturan/tata tertib
sekolah.
3) Pernyataan kesediaan diserahkan kepada
panitia oleh orang tua/wali calon siswa tidak boleh diwakilkan.
b. Melunasi biaya awal (sarana prasarana, baju seragam dan peralatan
pendidikan) yang sudah ditentukan.
c.
Kekurangan
biaya sekolah dilunasi selambat-lambatnya tanggal 30 September 2012.
5. Bagi calon siswa baru yang telah
diterima, tetapi tidak melaksanakan daftar ulang pada batas waktu yang telah
ditentukan, tanpa pemberitahuan, dianggap mengundurkan diri.
Ketentuan
Biaya Daftar Ulang
1.
Biaya Awal :
a.
Sarana Prasarana Rp 240.000,-
b.
Baju Seragam :
-
Putra Rp 450.000,-
-
Putri Rp 500.000,-
c.
Peralatan Pendidikan
-
Perlengkapan Siswa Rp 125.000,-
- Buku Paket Rp 222.000,-
Jumlah Rp 1.087.000,-
2.
Biaya Tahunan:
a.
Uang Pengembangan (DOP) Rp 150.000,-
b.
Biaya kegiatan Rp 480.000,-
c.
T-Fel Parenting Orang tua Rp 100.000,-
d. Peningkatan Kualitas
Guru Rp 50.000,- Jumlah Rp 780.000,-
3.
Biaya Bulanan
a.
SPP
a)
Rp 130.000,-
b)
Rp 120.000,-
c)
Rp 100.000,-
b.
Makan dan Snack
a)
Rp 140.000,-
b)
Rp 130.000,-
c)
Rp 110.000,-
4.
Infaq Pembangunan
a)
Rp 1.500.000,-
b)
Rp 2.000.000,-
c)
Rp 2.500.000,-
J.
Orientasi
Orientasi merupakan kegiatan untuk lebih memperdalam pengenalan
siswa baru dan orang tua/wali terhadap sekolah, lingkungan, dan program
kegiatannya serta sebagai media bagi sekolah untuk mensosialisasikan
program-programnya dan mendapat masukan-masukan dari pihak orang tua/wali
siswa.
Kegiatan orientasi terdiri atas 2
(dua) jenis yakni orientasi orang tua/wali siswa baru dan orientasi siswa baru.
Hanya calon siswa yang telah dinyatakan lulus observasi/tes yang berhak dan
wajib mengikuti kegiatan orientasi.
Ketentuan-ketentuan yang terkait
dengan aturan orientasi akan disampaikan oleh sekolah.
Jadwal kegiatan Orientasi Siswa
Baru dan Orientasi Orang tua Siswa Baru akan diberitahukan oleh Panitia PPDB pada bulan Juli 2012.
K. Ketentuan Seragam Sekolah
Bentuk, jumlah, warna, model serta
atribut seragam sekolah ditentukan oleh
sekolah dan sudah berupa seragam jadi.
Pengambilan seragam membawa bukti
pelunasan seragam.
Seragam putra berupa paduan celana
panjang dan hem lengan panjang. Seragam putri berupa baju/blouse lengan panjang, rok/celana panjang dan
kerudung. Untuk seragam olahraga berupa celana panjang training dan kaos.
Gambaran umum seragam sekolah :
a.
Hari senin memakai baju merah putih.
b.
Hari Selasa memakai seragam bebas muslim (bukan jeans dan kaos).
c.
Hari Rabu memakai seragam yayasan.
d.
Hari
Kamis memakai seragam kelas.
e.
Hari Jumat memakai seragam pramuka.
f.
Seragam olahraga dipakai hanya pada saat
pelajaran olahraga sesuai jadwal.
PENUTUP
Semoga buku panduan ringkas ini dapat memberikan
banyak manfaat bagi para pengguna. Apabila ada hal-hal yang masih memerlukan
penjelasan lebih lanjut, insya Allah Bapak/Ibu bisa mendapatkan informasi
secara langsung dan
selengkap-lengkapnya dari sumber-sumber pelayanan informasi kami, sebagaimana tercantum di
bagian awal buku panduan ini.
Kami akan membuka diri dan berterima
kasih atas perhatian, kerjasama, kritik, saran dan masukan lain sebagai bahan
untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja kami.
Sleman, 8 Desember 2011
Panitia PPDB
SDIT Salsabila Klaseman
Panitia PPDB
SDIT Salsabila Klaseman
assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusmudah-mudahan masih terjangkau bagi yang membutuhkan pendidikan yang lebih ramah lingkungan...
wassalamualakum wr. wb.
Para guru yang hebat adalah guru yang tidak pernah mengeluh dengan segala kekurangan fasilitas dan keunikan para muridnya, para guru yang hebat adalah selalu mencoba dan mencoba mengaplikasikan ilmunya dengan disertai memberi tauladan pada muridnya. teladan dalam KEBERSIHAN, teladan dalam KEDISIPLINAN, teladan dalam TINDAKAN. selamat berjuang para guru SALSABILA, semoga TUHAN selalu memberi KEKUATAN dan PETUNJUKNYA. amin
BalasHapusbagus ada transparansi
BalasHapus