PANDUAN PENDAFTARAN SISWA BARU
SDIT SALSABILA 2 YOGYAKARTA TAHUN 2017
PENGANTAR
Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin, segala puji hanya bagi
Allah SWT, Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Rasulullah
Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Semoga dengan selalu
membaca sholawat kita kelak akan mendapat syafa’atnya dihari yaumil qiyamah.
Aamiin.
Upaya untuk mewujudkan anak-anak cerdas dan berakhlak mulia pasti
menjadi impian kuat bagi setiap lembaga pendidikan. Cerdas saja belum cukup, anak-anak
harus punya keyakinan kuat yang mereka pegangi agar bisa tegak kepalanya,
mantap langkahnya, jelas tujuannya dan ada alasan yang kuat untuk bertindak dan
bekerja keras.
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila 2 Klaseman
berkeinginan kuat mewujudkan hal itu dengan menyiapkan seperangkat kurikulum
dan tenaga pendidik yang secara terus menerus diasah visi perjuangannya dalam
menegakkan kalimat Laa ilaha illallah. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
Salsabila 2 Klaseman berdiri tahun 2004, berafiliasi ke Dinas Pendidikan dengan
ijin operasional No. 102040213999 dan dengan SK Pendirian Sekolah Dasar
Swasta No 434/KPTS/2011.
Sekolah yang terletak di Klaseman RT.6 RW.28 Sinduharjo
Ngaglik Sleman ini dikelola oleh Lembaga Pendidikan Islam LPI Salsabila,
Yayasan SPA Indonesia. Sekolah ini dikelola dengan waktu pendidikan fullday school dan kurikulum integrated.
Keinginan mewujudkan anak-anak yang cerdas dan berakhlak mulia merupakan visi
utama berdirinya SDIT Salsabila Klaseman.
Panduan pendaftaran siswa baru ini dimaksudkan sebagai arahan dari
panitia agar semua calon wali siswa mengetahui prosedur dan langkah-langkah
dalam mendaftarkan putra-putrinya sebagai siswa di SDIT Salsabila 2 Klaseman.
Semoga panduan ini bermanfaat bagi orang tua
calon siswa- siswi SDIT Salsabila 2 Klaseman dan kita semua. Amin .
Wassalamu’ alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Sleman,
1 Desember 2017
Panitia
PPDB
SDIT
Salsabila 2 Klaseman
PENERIMAAN SISWA BARU
A. Layanan
Informasi Pendaftaran :
Sekretariat
Panitia Penerimaan Siswa Baru (PPDB) SDIT Salsabila Klaseman : Alamat Jl.
Pamularsih RT.06 RW.38 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Telp kantor
(0274) 4462882. Cp. Jeni Hetita: 0858 7981 1827 / M. Zaelani: 08170403604
B.
Waktu Pendaftaran :
Pendaftaran
dilaksanakan selama jam kerja Pukul 08.00 – 14.00 WIB.
C. Gelombang
Pendaftaran
:
-
Gelombang I
: 1 Desember 2017 – 20 Januari 2017
Tes
Observasi : Sabtu, 21 Januari
2017
Pukul
: 08.00 – 12.00
WIBB.
-
Gelombang
II
: 22 Januari – 20 Februari 2017
JIKA KUOTA BELUM TERPENUHI
Waktu penitipan calon siswa baru
sewaktu-waktu di tutup jika kuota yang tersedia telah terpenuhi.
D. Syarat-syarat
Pendaftaran :
1.
Membayar biaya pendaftaran sebesar
Rp 100.000,-
2.
Mengisi formuir pendaftaran.
3.
Menyerahkan foto copy akte kelahiran
1 lembar.
4.
Menyerahkan foto copy KTP Orang Tua
1 lembar
5. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
6.
Menyerahkan rapor dan surat
keterangan pindah sekolah (bagi siswa pindahan).
7.
Memenuhi usia minimum 6 tahun (per 1
Juli 2012).
E.
Proses Pengambilan dan Pengembalian Formulir :
1.
Pendafatar (orang tua/wali calon
siswa) datang langsung ke Sekretariat PPDB.
2.
Pendaftar membayar biaya
pendaftaran.
3.
Pendaftar dicatat identitasnya pada
form data pembelian formulir, selanjutnya dibuatkan kuitansi pembayaran
formulir. (Bila memerlukan informasi selengkapnya harap menghubungi bagian informasi)
a.
Pendaftar mendapat satu berkas
pendaftaran yang terdiri dari kuitansi, map, form isian data calon siswa dan
orang tua, stiker, tanda terima berkas dan undangan observasi/tes.
b.
Pendaftar mengembalikan formulir bersamaan
dengan saat tes observasi anak.
F.
Proses dan Materi Observasi/Tes
1.
Pendaftar mendapat
undangan/jadwal observasi/tes pada saat pendaftaran.
2.
Materi observasi:
a.
Observasi Psikologi, merupakan usaha
untuk mengetahui:
-
Perkembangan mental anak
-
Akhlak dan keperibadian
-
Kemampuan sosialisasi
-
Kemandirian
-
Tingkat kecerdasan
-
Pola interaksi anak dengan teman
-
Motivasi dan kesiapan belajar
b.
Test membaca iqro (KIBAR) , membaca
dan menulis latin dan berhitung sederhana
c.
Tes Ibadah (untuk calon siswa SD
pindahan bukan kelas 1)
-
Sholat dan wirid sholat
-
Doa-doa harian
-
Membaca iqro/Al Quran
-
Menulis Latin dan Arab
-
Hafalan surat-surat pendek
3.
Apabila pada pelaksanaan observasi
psikologi calon siswa tidak dapat hadir atau ada hal lain yang mengakibatkan
kurang sempurnanya penilaian maka akan diberi kesempatan untuk tes observasi
sebelum tanggal pelaksanaan observasi resmi. Waktu sesuai kesepakatan.
4.
Observasi untuk orang tua
dilaksanakan pada saat observasi siswa berlangsung. Observasi orang tua untuk
mendapatkan informasi tentang cara orang tua mendidik anak di rumah, perilaku anak, kemandirian, lingkungan keluarga, dan
kesanggupan pembiayaan administrasi sekolah.
G. Pengumuman
Hasil Seleksi :
Hasil observasi/tes diumumkan secara tertulis kepada
orang tua/wali, via sms
dan dapat pula dilihat di papan pengumuman sekolah pada hari yang telah
ditentukan.
Jadwal
Pengumuman Hasil Observasi:
-
Gelombang
I
: 2 hari setelah tes observasi (23 Januari 2017)
H.
Daftar Ulang
1.
Bagi siswa baru yang sudah dinyatakan diterima wajib mendaftar
ulang, selambat-lambatnya 14 hari (H+14) sesudah pengumuman.
2.
Daftar ulang dilaksanakan di Sekretariat Penerimaan Siswa
Baru SDIT Salsabila Klaseman Jl. Pamularsih RT 06 RW 38 Klaseman Sinduharjo
Ngaglik Sleman.(0274) 4462882.
3.
Persyaratan daftar ulang :
a.
Melengkapi persyaratan administrasi
:
1) Setiap orang tua/wali calon siswa
baru telah menandatangani surat pernyataan kesediaan membayar biaya sekolah
(Infaq gedung dan uang sekolah).
2) Setiap orang tua/wali calon siswa
baru harus menandatangani pernyataan kesediaan menaati peraturan/tata tertib
sekolah.
3) Pernyataan kesediaan diserahkan
kepada panitia oleh orang tua/wali calon siswa tidak boleh diwakilkan.
b.
Melunasi biaya awal (sarana
prasarana, baju seragam dan peralatan pendidikan) yang sudah ditentukan.
c.
Kekurangan
biaya sekolah dilunasi selambat-lambatnya tanggal 30 September 2012.
4.
Bagi calon siswa baru yang telah diterima, tetapi tidak
melaksanakan daftar ulang pada batas waktu yang telah ditentukan, tanpa
pemberitahuan, dianggap mengundurkan diri.
Ketentuan Biaya Daftar Ulang ada
dalam formulir
I. Orientasi
I. Orientasi
Orientasi
merupakan kegiatan untuk lebih memperdalam pengenalan
siswa baru dan orang tua/wali terhadap sekolah, lingkungan, dan program
kegiatannya serta sebagai media bagi sekolah untuk mensosialisasikan
program-programnya dan mendapat masukan-masukan dari pihak orang tua/wali
siswa.
Kegiatan
orientasi terdiri atas 2 (dua) jenis yakni orientasi orang tua/wali siswa baru
dan orientasi siswa baru. Hanya calon siswa yang telah dinyatakan lulus
observasi/tes yang berhak dan wajib mengikuti kegiatan orientasi.
Ketentuan-ketentuan
yang terkait dengan aturan orientasi akan disampaikan oleh sekolah.
Jadwal
kegiatan Orientasi Siswa Baru dan Orientasi Orang tua Siswa Baru akan diberitahukan
oleh Panitia PPDB
pada bulan Juli 2017
J. Ketentuan
Seragam Sekolah
Bentuk,
jumlah, warna, model serta atribut seragam sekolah ditentukan oleh sekolah dan dalam bentuk kain,
model sudah ada dalam gambar.
Pengambilan
seragam membawa bukti pelunasan seragam.
Seragam
putra berupa paduan celana panjang dan hem lengan
panjang. Seragam putri berupa baju/blouse lengan
panjang, rok/celana panjang dan
kerudung. Untuk seragam olahraga berupa celana panjang training dan kaos
(desain seragam sesuai gambar yang diberikan)
Gambaran umum seragam sekolah :
a. Hari senin memakai baju merah putih.
b. Hari Selasa memakai seragam bebas muslim
(bukan jeans dan kaos).
c. Hari Rabu memakai seragam pramuka.
d. Hari Kamis memakai seragam batik yayasan.
e. Hari Jumat memakai seragam yayasan
hijau polos.
f. Seragam olahraga dipakai hanya pada
saat pelajaran olahraga sesuai jadwal.
PENUTUP
Semoga panduan ringkas ini dapat
memberikan banyak manfaat bagi para pengguna. Apabila ada hal-hal yang masih
memerlukan penjelasan lebih lanjut, insya Allah Bapak/Ibu bisa mendapatkan
informasi secara langsung dan selengkap-lengkapnya dari sumber-sumber pelayanan informasi kami, sebagaimana tercantum di
bagian awal panduan ini.
Kami akan membuka diri dan berterima
kasih atas perhatian, kerjasama, kritik, saran dan masukan lain sebagai bahan
untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja kami.
Sleman, 1 Desember
2017
Panitia PPDB
SDIT Salsabila 2 Klaseman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar