Kamis, 02 April 2015



              Hari ini ada yang beda di sekolah unggulan SDIT Salsabila 2 Klaseman Sleman, pasalnya murid kelas 1 dan 2 diajak keluar kelas untuk pergi ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Rangkaian kegiatan yang dikemas dalam outbond kids dengan mengambil latar di UGM ini, memberikan kesan mendalam pada diri anak-anak. Seperti yang terlontar dari beberapa murid “Aku senang karena difoto di gedung Grha Saba UGM, karena gedungnya bagus” kata Albistha Rafliant Putra. Selain itu uangkapan lain juga muncul dari Fabian Davin, “aku senang sekali saat bermain balon”
           Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pengenalan kampus dan juga permainan-permainan. Sebelum memulai permainan, anak-anak diajak ke Grha Saba UGM untuk dikenalkan sekilas tentang kampus UGM. Setelah itu mereka diarahkan ke masjid kampus UGM dan memainkan beberapa game di sekitar sana. Di antara game yang dimainkan adalah puzzle, pecah balon dan ular naga.
         Ketiga game itu ada yang dimainkan secara individu dan ada yang kelompok, hal itu ditujukan supaya terlatih diri dan sosial anak. “Game puzzle memiliki tujuan untuk melatih ketelitian dan kekompakkan anak” Ungkap Muh. Mohtadin, S.Pd.I. salah satu guru pendamping. Sama halnya dengan yang dituturkan pendamping yang lain Ahmad Safi’i, S.Pd.I., “Game pecah balon bertujuan untuk melatih keberanian setiap anak, sedangkan game ular naga adalah untuk melatih keberanian dan kekompakkan kelompok”.
        Selain permainan dan pengenalan kampus, outbound tersebut juga memberikan nuansa religi kepada anak karena lokasi permainan berada di sekitar Masjid Kampus UGM. Sehingga anak-anak diharuskan pula menjaga adab saat di masjid. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar karena didampingi oleh TIM Outbond Salsabila 2, yakni Muh. Mohtadin, S.Pd.I., Ahmad Safi’i, S.Pd.I., Ahmad Sofyan, S.Pd.I., Kholis Nur Dian, Iin Rahayu Lestari, S.P.d., Pratiwi, S.Gz., Rini Widyastuti, S.Sos.I., dan Siti Lutfi Maspupah Sopiah, S.Pd. Selain itu juga didukung penuh oleh takmir masjid kampus UGM. Di akhir, setelah anak-anak menunaikan solat dhuhur berjamaah, kegiatan tersebut ditutup dengan pembagian hadiah dan makan siang bersama. 


      Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih murid dalam menumbuhkan keberanian, ketangkasan, kerjasama, dan toleransi. Disamping itu juga kegiatan ini bertujuan untuk merefresh pikiran anak setelah satu bulan belajar dilingkungan sekolah.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kartini Day