Peringati Hari Pers
Nasional
(Ratusan Murid SDIT Salsabila Klaseman belajar
jadi Wartawan)
Hari ini 9 Februari 2015 ada yang berbeda di Sekolah
Unggulan SDIT Salsabila 2 Klaseman Sleman, pasalnya ratusan murid dari kelas
1-5 belajar menjadi seorang wartawan. Dalam rangka memperingati hari pers para
murid yang berada di Jalan Pamularsih RT.06/38 Klaseman Ngaglik Sleman ini,
menghadirkan kepala biro Indosiar Yogyakarta untuk memberikan pelajaran seputar
wartawan.
Kegiatan diawali pengumpulan COIN untuk pembangunan kelas baru. coin ini didapatkan dari para murid yang telah dikumpulkan di rumah masing-masing dengan menyisihkan uang jajan mereka. tujuannya adalah untuk melatih jiwa suka memberi. dengan pengumpulan coin ini akan menambah rasa memiliki dan rasa ikut andil dalam pembangunan kelas yang akan ditempati sebagai ruang belajar mereka sendiri.
Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan seputar pekerjaan wartawan baik
dimedia cetak maupun media elektronik. Selanjutnya didampingi oleh guru kelas
para murid diajak berkeliling menjelajah dunia media cetak untuk membuat
kliping. Perlengkapan dibawa sendiri oleh masing-masing murid seperti Koran,
gunting, dan lem. Kelas bawah diminta membuat kliping bertemakan tentang dunia anak. Sementara kelas atas
bertemakan seputar pendidikan. Dan yang paling menarik kelas 5 diajak masuk ke
dalam kelas untuk diajari menjadi wartawan cilik.
Murid kelas 5 diajari bagaimana mengambil gambar cetak dan gambar
video, setelah sedikit memahami baru memulai
keluar kelas untuk mengambil gambar diluar dilanjutkan memutar hasil jepretan
lewat LCD Proyektor.
M. Zaelani, S.S Kepala Sekolah mengatakan tujuan
kegiatan ini adalah untuk mengenalkan pekerjaan dunia wartawan, yang dengan ini
para murid diajarkan untuk lebih percaya diri dan berani. Di dunia wartawan
dituntut untuk percaya diri dan berani, karena kalau tidak berani maka tidak
akan mendapatkan berita yang diinginkan, sehingga melalui kegiatan ini anak
dilatih untuk menumbuhkan percaya diri, tambah Zaelani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar