Kamis, 20 Oktober 2016

PENTINGNYA MEMUNCULKAN RASA PENASARAN DALAM PEMBELAJARAN


Kali ini ada yang menarik dalam proses pembelajaran di kelas 4 bersama guru kelas nya Pak Midarno, S.Pd. pasalnya sebelum pembelajaran dimulai, sudah disiapkan beberapa perlengkapan media yang akan digunakan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengundang rasa penasaran anak-anak.
Kali ini anak-anak akan diajak belajar tentang fenomena alam dan bencana alam yang pernah terjadi. Pertama kali salah satu murid diminta maju kedepan untuk memimpin do'a, selanjutnya pelajaran dibuka dengan pertanyaan-pertanyaan untuk memunculkan memori pelajaran yang telah lewat.
Anak-anak sangat antusias dengan diajak melakukan percobaan simulasi gunung meletus.
Sebelum memulai percobaan, guru menayangkan video yang sudah disetting sedemikian rupa yang akan membahas tentang beberapa bencana alam. Yang menarik ketika ada simbol dalam gambar itu baru muncul separo lalu di pause videonya, lalu guru bertanya pada siswa, "kira-kira gambar bencana apa itu?" Secara spontan anak-anak mencoba menjawab secara bergantian. Kemudian video dilanjutkan sampai gambar sempurna barulah terlihat gambar bencana yang dimaksudkan.
Dengan rasa penasaran yang selalu dimunculkan waktu berjalan sampai tidak terasa kalau waktu sudah habis.
Semoga menjadi pengalaman pembelajaran yang menyenangkan.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kartini Day