Senin, 24 Oktober 2016

TANAMKAN JIWA PENGUSAHA LEWAT "MARKET DAY"

Sleman-Kegiatan Belajar Mengajar kali ada yang berbeda di sekolah unggulan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila 2 Klaseman Sleman ini, karena murid diajak belajar diluar kelas dengan menjadi pengusaha lewat kegiatan "Market Day Salsabila"
Kesempatan baik ini tidak disia-siakan oleh kelas 5. Setelah mereka dibagi menjadi 5 kelompok, mereka langsung musyawarah menentukan apa yang akan dijual saat market day nanti. Ada yang dengan model iuran terlebih dahulu untuk modal belanja, ada juga yang menentukan langsung membawa barang dagangan secara langsung sebagai modal kelompok.
Dua hari sebelumnya saat pelajaran Bahasa Indonesia, anak-anak diminta membuat iklan promosi berupa gambar dan tulisan untuk ditempel di papan informasi sekolah dan di tempat yang sekiranya dapat terbaca oleh adik kelas, supaya mereka tahu bahwa besok akan ada "market day". Disamping itu tujuanya adalah praktek pelajaran Bahasa Indonesia dengan membuat iklan.
Diluar dugaan, Nama kelompok/tokonya ternyata sangat unik-unik, mulai dari Medina Store, Metropolis
Store, Walinab Store, Sanizafa Shop dan Merdeka Store. Nama -nama tersebut diambil dari kata yang familier ada juga yang dari singkatan nama anggota.
Saat hari H tiba, mereka menata barang dagangannya dengan suasana yang menyenangkan. Dan saat bel istirahat berbunyi "saat nya istirahat"... satu persatu kakak kelas 6 dan adik kelas datang berhamburan, suasana semakin ramai layaknya toko yang sudah terkenal. Tidak hanya murid yang membeli para guru pun tidak mau ketinggalan ikut membeli ap yang disukai.
Yang paling laris dan cepat habis adalah nasi goreng, minuman juz dan ice cream.Wal hasil dalam waktu singkat barang daganganpun habis.
Anak-anak sangat menikmati dengan pembelajaran ini, bahkan sangat senang, karena disamping belajar juga mendapatkan uang. Dari sini beberpa pelajaran bisa masuk diantaranya pelajaran Matematika untuk berhitung modal, uang kembalian dan hitung keuntungan, pelajaran Bahasa Indonesia dengan komunikasi yang baik, melayani pembeli dan membuat iklan promosi, PKn bagaimana bersikap toleran terhadap sesama penjual, dll.
Semoga dengan kegiatan ini menjadikan pengalaman yang berharga untuk bekal dimasa yang akan datang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kartini Day